Senin, 02 Maret 2015

Kesehatan Jasmani: Adventure


Rutinitas sehari-hari yang monoton cepat atau lambat akan membuat Anda merasa jenuh. Saat hal itu terjadi, suatu hal baru yang menggairahkan akan membangkitkan semangat Anda kembali. Sesekali jangan cuma berlibur di pantai saja. Ayo cari alternatif liburan lain yang lebih menantang dan menarik. Let’s have an adventure!
Mengusir Jenuh dengan Berlibur & Berpetualang

Anda mungkin bertanya, untuk apa mengambil resiko dengan melakukan liburan yang menegangkan kalau liburan yang lebih sederhana sudah mampu membantu Anda merasa lebih baik. Jawabannya sederhana: berpetualang memiliki berbagai manfaat. Beberapa manfaat tersebut di antaranya adalah:

1. Meningkatkan rasa percaya diri
    Saat melakukan liburan yang menegangkan, Anda tertantang untuk mengeluarkan potensi diri Anda yang belum Anda sadari, terutama karena Anda terbiasa hidup di jaman modern, misalnya menemukan arah menggunakan kompas dan bukannya GPS, mengarungi sungai berarus deras, ataupun melihat binatang liar di alam aslinya. Semua itu akan membuat Anda lebih percaya diri.
2. Pengalih perhatian
    Saat berpetualang, Anda menjauh dari hal-hal yang mengganggu pikiran Anda. Adrenalin yang meningkat membantu Anda melupakan masalah Anda, walaupun hanya untuk beberapa saat.
3. Dorongan berolahraga
    Saat di rumah, dorongan untuk berolahraga tidak Anda rasakan akibat padatnya rutinitas. ‘Petualangan’ seperti mendaki gunung atau berarung jeram akan ‘memaksa’ Anda untuk bergerak aktif dan mengolahragakan tubuh Anda.
4. Mempererat hubungan keluarga
    Saat berada di alam bebas, gangguan dari gadget seperti handphone, TV, ataupun gangguan lain akan hilang. Anda pun memiliki kesempatan untuk mengobrol dengan keluarga Anda yang ikut berpetualang tentang banyak hal.
5. Memberikan kesenangan
    Petualangan memang menyenangkan. Liburan dengan unsur petualangan mungkin bisa disamakan seperti menaiki roller coaster, yaitu sama-sama memompa adrenalin dan membuat Anda merasa sangat puas ketika Anda berhasil melewatinya. Begitu juga dengan petualangan.

Jadi, sesekali cobalah ajak keluarga Anda untuk berpetualang bersama. Di Indonesia pun banyak lokasi wisata yang menantang, kok. Misalnya:

    1. Wisata arung jeram
    Percikan air dan arus deras yang menegangkan bisa Anda nikmati saat berarung jeram. Lokasi yang bisa Anda coba salah satunya adalah arung jeram di Sungai Pekalen, Probolinggo.


    2. Wisata di alam liar
    Trekking di hutan sambil naik gajah? Pastinya menarik dan menegangkan! Wisata di Taman Nasional Way Kambas, Sumatera, bisa Anda coba.

    3. Wisata batik
    Inti dari petualangan adalah mencoba hal baru yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Jadi, walaupun membatik mungkin tidak akan memacu adrenalin Anda seperti wisata arung jeram, tapi rasa puas yang Anda dapatkan ketika Anda mendapatkan hasil karya batik buatan Anda sendiri tidak akan jauh berbeda. Wisata batik ini bisa Anda lakukan di sepanjang pesisir utara Jawa, seperti di Cirebon, Tuban, Semarang, Pekalongan, dll.

    4. Wisata ke perut bumi
    Kebanyakan orang cenderung melihat ke arah gunung atau pantai saat menentukan tujuan wisata. Tapi tujuan wisata ‘bawah tanah’ memasuki gua-gua indah dengan stalaktit dan stalakmit yang magis juga menarik, lho. Kalau mau mencoba, Anda bisa berlibur ke gua-gua di Sangkulirang, Kalimantan Timur.

    5. Wisata ke gunung
    Suasana petualangan akan semakin terasa kalau Anda tak sekedar mendaki gunung, tapi juga berkemah di gunung tersebut. Coba tengok ke Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat atau Gunung Semeru di Jawa Timur yang jadi makin dikenal sejak film dan buku ‘5 cm’ sukses. Indahnya Gunung Bromo di Jawa Timur juga bisa jadi pilihan Anda.

    6. Wisata bawah laut
    Kalau berwisata ke pantai, jangan sekedar berjemur di pantai atau celup-celup kaki saja. Indonesia punya banyak pilihan tujuan wisata untuk menikmati indahnya dunia bawah laut, lho. Mulai dari yang agak jauh dari Jakarta seperti Raja Ampat dan Bunaken, atau yang lebih mudah diakses seperti Karimunjawa atau Pulau Macan di Kepulauan Seribu. Anda yang tidak bisa diving, bisa mencoba snorkeling. Anda yang pemula pun bisa meminta bantuan pemandu di tiap lokasi wisata yang biasanya bisa mengajarkan Anda mengenai dasar snorkeling.

7. Wisata bersepeda
    Tergantung lokasi yang Anda pilih, jenis wisata ini bisa dilakukan dengan mudah pada akhir minggu bersama keluarga Anda. Anda bisa bersepeda di lokasi indah yang mudah dijangkau seperti di Bogor atau Gunung Salak, atau di Uluwatu atau Ubud di Bali.


Sesekali coba ganti suasana liburan Anda dari sekedar wisata mall ataupun factory outlet. Berlibur sambil berpetualang tidak hanya sekedar berlibur di luar rumah, tapi juga memberikan rasa puas dari pacuan adrenaline dan kenangan indah bersama keluarga. So,grab your backpack and let’s have an adventure!

Source Tim Khar: brighterlife.co.id

0 comments:

Posting Komentar